cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Media Akademika
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 26, No 2 (2011)" : 7 Documents clear
Dampak Sertifikasi Guru terhadap Peningkatan Mutu Proses Pembelajaran: Studi Kasus di MAN Model Jambi alfian, Alfian; Suraya, Eli; yusraini, Yusraini
Media Akademika Vol 26, No 2 (2011)
Publisher : Media Akademika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Program sertifikasi guru telah berjalan setidaknya lima tahun di Indonesia. Program ini diberikan kepada guru yang telah memenuhi standar profesional. Selain dibutuhkan syarat-syarat tertentu untuk mendapatkannya, bagi guru yang telah lulus sertifikasi mendapatkan insentif tambahan. Dengan demikian, guru dirangsang untuk menjadi profesional yang berujung pada meningkatnya kualitas pembelajaran. Artikel ini melihat pelaksanaan sertifikasi guru di MAN Model Jambi, apakah program tersebut benar-benar berdampak pada mutu proses pembelajaran. Berdasarkan wawancara terhadap guru, kepala sekolah, siswa, dan pengawas, observasi di MAN Model Jambi, serta studi dokumentasi, didapat bahwa para guru telah memahami apa sesungguhnya program sertifikasi, bagaimana semestinya mereka bekerja setelah sertifikasi, dll. Kenyataannya, mereka belum sepenuhnya melaksanakan sesuai tuntutan sertifikasi. Walhasil, dampak sertifikasi terhadap peningkatan mutu proses pembejaran tidak terlalu signifikan
Relasi Islam dan Negara: Mengupas Konsepsi Negara Perspektif Fiqh Harun, Hermanto
Media Akademika Vol 26, No 2 (2011)
Publisher : Media Akademika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Entitas negara merupakan bentuk logis dari keberadaan manusia sebagai makhluk sosial. Namun, dalam dinamika kajian dan praktik politik dalam prespektif Islam, posisi negara selalu menjadi topik bincang serius. Apakah posisi negara vis a vis agama, atau negara menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari realisasi pemahaman keberagamaan. Dari ruang diskusi ini kemudian, muncul beberapa spesifikasi keilmuan yang mengupas secara mendalam tentang negara, termasuk kedudukan negara dalam perspektif fikih. Dalam kajian relasi agama negara, para fuqaha telah mengupas dan menjelaskannya secara rinci, bahkan kajian tentang negara perpsektif fikih telah mengklasifikasi bentuk, tugas dan fungsi negara sebagai watsilah dalam menegakkan ajaran Islam. Kajian posisi negera perspektif fikih ini setidaknya memberi justifikasi bahwa persoalan politik—dalam hal ini—kedudukan negara dalam perspektif Islam menjadi sangat jelas, sehingga dapat memberi kejelasan dalam sumbang pemikiran tentang status negara dalam kaca mata agama, khususnya Islam.
Ilmu Jarh wat Ta’dil sebagai Kriteria dalam Klasifikasi Hadis Wahab, Husin Abdul
Media Akademika Vol 26, No 2 (2011)
Publisher : Media Akademika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini mendiskusikan tentang ilmu jarh wat ta’dil. Ilmu ini berkaitan erat dengan penerimaan sebuah Hadis. Pertanyaan bahwa apakah sebuah Hadis dan diterima dan operasional memang cukup mengusik pada muhadditsin. Ada dua tolok ukur yang dipakai untuk memutuskan keberterimaan sebuah Hadis: kritik matan atau disebut juga kritik internal (naqdun dakhiliyun) dan kritik sanad atau kritik eksternal (naqdun kharijiyun) karena tidak menyasar materi pokok hadis langsung. Jarh wat ta’dil sendiri membahas periwayat, yakni keadaan serta kadar ketepercayaan mereka. Meski hanya menjadi bagian dari kritik eksternal, jarh wat ta’dil banyak dipakai untuk mengklasifikasikan Hadis, bahkan seolah menjadi pertimbangan utama.
Perubahan Sosial dan Perlindungan Anak: Peran Pemerintah dan Partisipasi Sosial di LP Anak Muarabulian, Jambi Amin, Edi; marsaid, Marsaid
Media Akademika Vol 26, No 2 (2011)
Publisher : Media Akademika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini membahas tentang bentuk dan sistem perlindungan anak pidana di LP Anak Muarabulian, Jambi. Lebih jauh juga melihat penerapan undang-undang dan peraturan lainnya, serta implementasinya dalam perlindungan anak pidana. Konkretnya bagaimana pada tataran praksis, apakah sistem tersebut berjalan dengan baik, dan apa kendala-kendala dalam pembinaan terkait perlindungan anak pidana. Temuan artikel ini adalah bahwa peran pemerintah sudah berjalan, namun perlu adanya kontrol dan evaluasi agar perlindungan anak pidana bisa berjalan lebih baik. Partisipasi sosial masih minim. Sementar kegiatan anak pidana di LP Anak Muarabulian telah berjalan, baik kegiatan pendidikan melalui program paket A, B, dan C, maupun kegiatan olahraga seperti sepak bola, bola voli, dan tenis meja. Kegiatan lainnya adalah program belajar membaca al-Quran. Kendala-kendala pembinaan anak pidana antara lain jumlah anak pidana yang melampaui kapasitas lembaga pemasyarakatan, sumber daya manusia (SDM) pegawai lapas yang masih rendah, sarana dan prasarana yang kurang memadai, dan minimnya dana pembinaan.
Metode Pendidikan Akhlak bagi Anak musli, Musli
Media Akademika Vol 26, No 2 (2011)
Publisher : Media Akademika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Anak adalah karunia dari Allah sekaligus merupaka amanah yang harus dijaga, diberi nafkah, didik dan dipertanggungjawabkan oleh orangtuanya. Menjadikan anak menjadi manusia yang berguna, tidak semudah membalikkan telapak tangan, pendidikan dan penanaman nilai-nilai akhlak kepada anak merupakan salah satu metode yang sangat penting diterapkan dalam kehidupannya, mulai sejak masih dalam kandungan sampai ia bisa berdikari. Metode pendidikan akhlak yang tepat dapat mengantarkan anak menjadi anak yang diharapkan oleh orangtua, agama, nusa dan bangsa. Pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan masuknya budaya luar, terkadang dapat merusak perilaku dan akhlak anak, maka pembinaan dan pendidikan akhlak dengan menggunakan metode yang sesuai bisa menciptakan generasi yang berguna dan diharapakan.
Pendidikan Islam di Republik Islam Iran rasidin, Rasidin
Media Akademika Vol 26, No 2 (2011)
Publisher : Media Akademika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pasca-Revolusi 1979, Iran mendeklarasikan diri sebagai negara republik Islam. Jauh sebelumnya, Iran menjadi pewaris tradisi filsafat Islam. Iran juga merupakan pusat Syiah, sebuah kelompok yang mendaku mendasarkan pada tradisi ahlul bayt. Tak pelak Iran menjadi pusat peradaban Islam yang penting. Berbagai kiprah negara ini dalam berislam, banyak dijadikan referensi bagi umat Islam di belahan dunia lain. Dalam artikel ini, didiskusikan bagaimana Iran mengelola pendidikan Islam. Selain memaparkan banyak hal tentang pendidikan, seperti sistem pendidikan, perjenjangan pendidikan, dan pembiayaan pendidikan, di akhir penulis membandingkan antara pendidikan Islam di negara Teluk tersebut dengan pendidikan Islam di Indonesia.
Banjir dan Respons Teologis: Analisis Faktor Dominan yang Memengaruhinya Sucipto, Sucipto
Media Akademika Vol 26, No 2 (2011)
Publisher : Media Akademika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bencana alam seperti banjir tidak hanya berkaitan dengan faktor alam. Penyebab langsung banjir barangkali benar faktor alam, tetapi di sebaliknya terdapat peran besar manusia. Di sini agama atau keyakinan memegang peran penting. Demikian pula, ketika banjir terjadi, sikap dan respons manusia acap dilandaskan pada keyakinan dan agamanya. Di dalam artikel ini, berbagai respons keagamaan tersebut didiskusikan. Pada akhirnya, respons manusia terhadap bencana tidak terlepas bagaimana dia memandang agamanya. Pascabencana, pandangan terhadap agama juga menentukan apakah manusia mampu bertahan menghadapi bencana atau sebaliknya menjadi rentan karena cara pandangnya terhadap agama.

Page 1 of 1 | Total Record : 7